oleh

Kabupaten Solok Dinilai Untuk ‘Kota Layak Anak’

Editor : -Kanal : Pemerintahan-58 views

SOLOK – Tim Verifikasi Kabupaten Dan Kota Layak Anak menyambangi Kabupaten Solok.

Sekretaris Daerah Aswirman menghadiri Verifikasi Kabupaten dan Kota Layak Anak di Aula Barenlitbang Kabupaten Solok, Rabu 29 Mei 2019.

Dalam verifikasi itu, hadir Ketua Tim Verifikasi Hadi Utomo, Ketua GOW Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala Barenlitbang Dusral, Kepala DPPKBP3A Zulfahmi, Kepala BNN Azizurahman, serta Kepala SKPD dan Camat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.

Dalam laporannya, Dusral menyebutkan diantara empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok, dua diantaranya berkaitan langsung dengan anak, diantaranya pilar pendidikan dan pilar kesehatan.

“Program yang ada di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan sangat dominan, dan bersentuhan langsung dengan anak,” kata Dusral.

Dusral menyebutkan, Pemkab Solok juga melibatkan Forum Anak dalam menangani permasalahan anak. “Disamping itu program layak anak juga terus dilakukan di kecamatan dan nagari yang ada di Kabupaten Solok,” sebut Dusral.

Selain itu, Ketua tim Verifikasi Hadi Utomo menjelaskan, latar belakang dibentuknya tim verifikasi ialah, karena rendahnya tingkat pola pengasuhan anak yang baik di Indonesia.

“Yang menjadi penilaian oleh tim verfikasi kali ini ialah sejauh mana tingkat pengasuhan anak, serta upaya dalam hal perlindungan hak-hak anak di setiap kabupaten dan kota di Indonesia,” kata Hadi.

Hadi menyebutkan pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk menghormati pemenuhan hak anak, tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan dan jenis kelamin.
Hadi meminta kepada Pemerintah Daerah agar memenuhi ruang lingkup hak anak, seperti pendidikan, kesehatan jaminan sosial, budaya berfikir dan berkeyakinan.

‚ÄúDisamping verifikasi administrasi, kami juga akan melakukan penilaian secara langsung kelapangan, dan pengumuman final pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 23 juli 2019 di Makassar,” terang Hadi.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Solok Aswirman menerangkan, pihalnya sangat peduli terhadap kelayakan anak, baik di lingkungan sekolah, maupun pada nagari.

“Hal ini tercermin dalam dua dari empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok yaitu pilar pendidikan dan kesehatan,” sebutnya.

Aswirman menyebutkan, Kabupaten Solok mengikuti verifikasi pada tahun ini untuk pertama kalinya, namun pelaksanannya sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu.

Aswirman meminta semua SKPD untuk dapat mendukung dan mensukseskan Program Layak Anak. Aswirman berharap, Kabupaten Solok mendapatkan nilai yang tinggi ditingkat nasional.

Komentar

News Feed