oleh

Puluhan Hektar Areal Persawahan di Solsel Gagal Panen

Editor : -Kanal : Peristiwa-80 views

SOLSEL – Puluhan hektar areal persawahan di Kabupaten Solok Selatan gagal panen, lantaran tanaman padi para petani diserang hama tikus dan wereng.

Dikutip dari Antara Sumbar, salah seorang petani di Kecamatan Sangir, Sawal mengatakan, tanaman padi miliknya diserang oleh hama wereng.

Sawal mengungkapkan, biasanya hasil panen padinya mencapai 216 kaleng atau 54 karung, namun saat ini hanya 27 karung (108 kaleng)

“Belasan hektare sawah di daerah ini hampir separohnyagagal panen. Padi banyak yang tidak berisi, bahkan ada satu piring sawah yang tidak dipanen karena semuanya gagal,” ungkap Sawal, Senin 15 Juli 2019.

Sawal mengatakan banyaknya padi yang tidak berisi kemungkinan karena hama wereng atau sejenis penyakit padi lainnya.

“Bukan hanya saya petani lainnya juga mengalami kejadian yang sama,” katanya.

Tidak hanya Sawal, petani lainnya di Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Idel juga merasakan dampak yang sama.

Idel menyebutk, jika hasil panen padi miliknya berkurang. Pasalnya, padi tidak berisi yang berimbas berkurangnya hasil panen, alhasil membuat petani merugi.

“Saat ini sudah mulai lagi mengolah sawah dan semoga saja panen berikutnya bisa normal,” kata Idel.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi mengatakan, pihaknya sudah turun ke Nagari Lubuk Malako untuk mengatasi hama tikus.

“Kami sudah melakukam tindakan di Lubuk Malako dan membantu petani membasmi hama tikus,” ujarnya.

Tri menyebut di Lubuak Malako belum ada petani yang mengasuransikan lahan pertanian, sehingga saat ada kejadian seperti ini mereka rugi besar.

“Kalau ikut asuransi pertanian kan kerugian seperti ini bisa di ajukan klaim sehingga kerugian petani tidak terlalu besar,” pungkas Tri.

Komentar

News Feed