oleh

Total Hari Ini Sudah 43 Orang Warga Kota Solok Terkonfirmasi Covid-19

Solok Kota – Dalam waktu beberapa hari ini, Kota Solok mengalami lonjakan pertambahan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, setelah dilakukan traking terhadap kontak erat yang dilakukan tim surveilans kota solok.

Walikota Solok Zul Elfian melalui Sekretaris Daerah Selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok Syaiful menyampaikan pada hari Kamis 5 Agustus dan Jumat 6 Agustus 2020 telah dilakukan pengiriman 250 sampel swab tes oleh POSKO COVID-19 Banda Panduang ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

“Berdasarkan laporan pemeriksaan yang kami terima bahwa dari 250 sampel yang dikirim telah keluar hasil pemeriksaannya sebanyak 248 sampel, dan 2 sampel diantaranya masih belum keluar,” ujar Syaiful.

Dari 248 sampel yang keluar, 15 sampel diantaranya dinyatakan TERKONFIRMASI Positif COVID-19.

Terkait 15 sampel yang TERKONFIRMASI positif COVID-19 tersebut, 1 diantaranya merupakan warga Kabupaten Solok.

Adapun 14 orang penambahan kasus terkonfirmasi positif warga Kota Solok dapat kami sampaikan sebagai berikut ;

  1. Tn. AY usia 21 tahun, warga Sariak Alahan Tigo Hiliran Gumanti, namun sehari-hari sebagai Gharin Mesjid Al Ikhlas Kelurahan Koto Panjang (pasien 30).
  2. Ny. Yb usia 70 tahun, warga 04/03 Kelurahan Kampung Jawa (pasien 31)
  3. Tn. KH usia 39 tahun, ASN Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kota Solok, warga Jalan Manunggal Aia Mati 01/04 Kelurahan PPA (pasien 32)
  4. Ny. DW usia 30 tahun, ASN Dinas Kesehatan Kota Solok, warga Gelanggang Betung Kelurahan Nan Balimo (pasien 33)
  5. Ny. ED usia 30 tahun, ASN Dinas Kesehatan Kota Solok, warga 04/03 Tembok Kelurahan Nan Balimo (pasien 34)
  6. Ny. Nd usia 54 tahun, warga 02/02 Kelurahan IX Korong (pasien 35)
  7. Tn. MAA usia 17 tahun, warga Benteng Perumnas Nusa Indah IV Kelurahan Nan Balimo (pasien 36) merupakan kontak erat pasien terkonfirmasi positif Ny. S pasien 22.
  8. Ny. DN usia 37 tahun ASN Dinas Kesehatan Kota Solok, warga Jalan Zahlul St. Kebesaran Batu Gadang Kelurahan Aro IV Korong (pasien 37)
  9. Ny. M usia 42 tahun warga Jalan Mukhtar Kelurahan Nan Balimo (pasien 38), merupakan kontak erat satgas Nan Balimo yang terkonfirmasi positif Tn. YF pasien 19.
  10. Tn. S usia 47 tahun warga cindua mato 01/02 Kelurahan PPA (pasien 39)
  11. Ny. Nb usia 50 tahun warga Destamar IV 03/06 Kelurahan Kampung Jawa (pasien 40)
  12. Ny. Z usia 42 tahun, ASN BKD Kota Solok, warga Tembok Raya 02/03 Kelurahan Kampung Jawa (pasien 41)
  13. Ny. SA usia 26 tahun ASN Dinas Kesehatan Kota Solok, warga jalan yos Sudarso 04/03 Kelurahan Kampung Jawa (pasien 42)
  14. Ny. Yr. usia 54 tahun, ASN Dinas Kesehatan Kota Solok, warga Mangga Raya 01/04 Kelurahan Simpang Rumbio (pasien 43)

“Dengan adanya tambahan 14 kasus positif ini, kembali menambah deretan pasien terkonfirmasi di Kota Solok yakni menjadi 43 orang. Dengan jumlah yang sembuh sementara masih 8 orang,” Ucap Syaiful.

Untuk wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah yang sebelumnya 20 orang menjadi 23 orang kasus, hari ini bertambah 3 yakni masing-masing 1 orang di Kelurahan IX Korong, Aro IV Korong dan Simpang Rumbio.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Tanjung Harapan yang sebelumnya 9 orang menjadi 20 orang dengan penambahan 11 orang yang tersebar pada ;

2 orang Kelurahan Koto Panjang, 2 orang Kelurahan PPA, 4 orang Kelurahan Nan Balimo, dan 3 orang Kelurahan Kampung Jawa.

Syaiful juga menyampaikan siang ini, tim surveilans melakukan tracing dan tracking guna menelusuri kontak erat ke 14 pasien terkonfirmasi tersebut. Mari kita berdoa semoga, tim surveilans dan medis kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT serta diberikan kesehatan dan kekuatan. Karena melihat kondisi perkembangan kasus terkonfirmasi beberapa waktu terakhir cukup menguras waktu, pikiran dan tenaga tim dalam melakukan tracing dan tracking serta pengambilan swab test.

Pemerintah Kota Solokkembali kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker.

Tetap jaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mari kita semua dapat menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19 dengan saling mengingatkan. Lindungi diri kita karena dengan melindungi diri kita dengan sendirinya kita telah melindungi orang lain.,”Tutup Syaiful.

 

 

 

Komentar

REKOMENDASI